Rabu, 18 April 2018

Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula

Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula - Jika kalian masih pemula atau baru saja memasuki dunia editing, khususnya editing video, mungkin kalian akan bertanya tanya tentang semua hal yang ada di bawah ini.
  1. Bagaimana cara kompres ukuran video
  2. Bagaimana cara memotong video / film
  3. Bagaimana cara menambahkan tulisan pada video
  4. Bagaimana cara menggabungkan 2 / banyak video menjadi satu
  5. Bagaimana cara mengganti suara video
  6. Bagaimana cara eksport / menyimpan video
  7. Bagaimana cara menggabungkan musik dengan video
  8. Bagaimana cara menghilangkan dan memasukan suara pada video
  9. Dan lain sebagainya.. 
Maka dari itu disini saya akan memberikan penjelasan serta tutorial cara mengedit video dari awal sampai akhir. Tentunya artikel ini hanya untuk pemula (tenang aja, semua orang pasti pernah menjadi newbi alias pemula) atau yang baru belajar dalam editing hehe.

Langsung saja, disini saya menggunakan aplikasi Wondershare Filmora (download disini), namun sebelum mengunduh file ini, pastikan komputer atau laptop anda sudah memiliki spek yang setara atau minimal dengan aplikasi ini. Karena memang menurut saya, aplikasi ini cukup berat apalagi digunakan bersama dengan aplikasi lain.

Wondershare Filmora adalah sebuah program yang dirancang untuk membuat pengeditan video sesederhana mungkin, walupun sederhana, wondershare filmora tetap menjadi perangkat lunak yang kuat dan serba guna. Jika Anda baru saja memasuki di dunia penyuntingan video, atau jika Anda anda adalah seorang editor berpengalaman yang hanya ingin mengetahui cara yang lebih cepat dalam melakukan sesuatu, maka cobalah ...

Siapa pun yang pernah menggunakan program penyunting video akan lebih cepat menguasai dan memahami aplikasi editor video yang baru mereka gunakan. Sedangkan bagi para pemula, mereka akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memahami dan menguasai nya.

Hanya karena mudah digunakan tidak berarti bahwa Wondershare Filmora Video Editor memiliki sedikit fitur. Di situs web Filmora Anda akan dapat mengunduh filter, efek, dan bahkan animasi yang akan menambahkan sudut baru pada video Anda. Anda yakin untuk menemukan hal yang tepat dengan Filmora.

Oke Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

1. Pertama kali silahkan kalian download aplikasi yang sudah saya sebutkan diatas, dan pastikan spek komputer atau laptop anda sepadan dengan spek minimum aplikasi tersebut.

2. Jika sudah di download, silahkan buka aplikasi tersebut, dan akan muncul tampilan seperti ini. Silahkan pilih Full Feature Mode yang ada di sebelah kanan.

Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula
Wondershare Filmora Halaman Depan

3. Setelah itu anda akan dialihkan ke halaman full feature Wondershare seperti dibawah ini. Selanjutnya silahkan masukan file video yang ingin anda sunting atau edit dengan cara klik import

Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula
Klik Import


4. Lalu klik video tersebut dan klik open


Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula
Pilih video lalu klik open
5. Maka video tersebut akan masuk kedalam list wondershare filmora. silahkan klik tanda (+) yang ada pada pojok kanan bawah video tersebut.


6. Setelah itu, anda bisa menyunting video anda. Anda juga bisa menambahkan suara background, animasi, teks, elements, overlay, dll sehingga video anda terasa lebih menarik.

7. Jika anda ingin membuat video slowmotion atau melambatkan video, mengatur kontras video, mengatur pencerahan video, dll. anda bisa klik icon pensil seperti dibawah ini.


8. Dan jika anda ingin memotong video, silakan klik icon gunting seperti yang terlihat pada gambar diatas.

9. Jika anda sudah selesai, maka silahkan klik menu esxport untuk mengekstrak video yang sudah jadi.

Demikian artikel tentang Cara Mengedit, Memotong, Menggabungkan Video Khusus Pemula. Selanjutnya saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara menambahkan musik background pada video dan mengatur suara bertumpuk. Mohon maaf jika ada kesalahan.


EmoticonEmoticon