Rabu, 19 Juli 2017

Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Bagaimana Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Vidio ?


Saya membuat artikel ini karena kejadian sekitar beberapa bulan yang lalu hehe. Pada saat itu saya sedang ngetrip naik gunung pulosari yang letaknya di Pandegelang, Banten. Gunung nya memang tidak terlalu tinggi yakni hanya 1346 MDPL saja.

Nah, namanya juga anak jama hehe, pastinya kita membuat dokumentasi. Pada saat itu saya dan kawan kawan menggunakan kamera xiaomi dan juga kamera SLR. Kalian tau sendiri kan ukuran file yang dikeluarkan dari kedua kamera tersebut.

Dah setelah sampai dirumah, saya berniat menggabungkan semua foto dan video yang saya peroleh di gunung tadi dan memberi editan sedikit. Karena saya berniat memasukan video tersebut di channel youtube yang saya miliki.

Pada saat itu saya menggunakan aplikasi editor video yang bernama Wondershare Filmora. Saya menggunakan output avi. avi ini merupakan kualitas video yang paling bagus. Dan ternyata file keluaran setelah di edit itu mencapai 2 GB atau 2,600,000 KB.

Kebayang kan, kalo upload video di youtube dengan total size 2 GB selain eman kuota juga memakan waktu yang lama, apalagi jika kecepatan internet di komputer / laptop kita sangatlah kecil. Namun jika masalah yang kalian hadapi adalah tentang kecepatan internet, ternyata anda bisa mempercepat koneksi internet yang ada di komputer / laptop anda itu secara maksimal. Namun bagaimana dengan dua masalah lain nya hehe.

Akhirnya saya mencari cara di google, bagaimana cara memperkecil ukuran video dan aplikasi apa yang digunakan untuk mengkompres video tanpa mengurangi kualitas video itu sendiri.

Dah akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi yang ternyata memang ampuh dan benar benar bisa mengurangi ukuran video tanpa menghilangkan kualitas dari video tersebut. Baiklah, langsung saja simak cara dibawah ini.

Namun satu hal yang bisa kalian lakukan selain mengguankan cara dibawah ini adalah, anda juga bisa mengubah / convert format video untuk mendapatkan ukuran file video yang lebih kecil.

Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video


Aplikasi yang saya gunakan kali ini adalah aplikasi Handbrake. Silahkan anda download terlebih dahulu.

Setelah anda download, jangan lupa di instal hehe. Karena percuma kalo udah di download terus gak di instal.

Kalo proses instalasi sudah selesai, silahkan input / masukan file video yang akan di kompres tadi dengan cara klik Source > File.

Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas
Gb. Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video

Lalu cari video yang ingin ada perkecil ukuran video nya, contoh saja misalahkan Inilah Trek Menuju Puncak Gunung Pulosari 1346MDPL.flv setelah ketemu silahkan klik videonya dan klik open.

Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video
Gb. Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video 2

Silahkan tunggu beberapa saat hingga video anda terinput kedalam aplikasi handbrake. Dan jika loading telah selesai, silahkan klik browser untuk menempatkan destinasi output video yang telah di kompres tadi. Silahkan pilih folder dan juga memberi nama file video tersebut. Saya memberikan nama nya disini adalah output naik gunung.mp4


Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video
Gb. Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video 3

Setelah itu, atur file Output Setting nya seperti terlihat dibawah ini.

Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video
Gb. Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video 4

Dan juga atur video codec nya persis seperti dibawah ini.

Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video
Gb. Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video 5

Jika sudah selesai, langsung saja klik Start Encode yang ada di atas.

Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video
Gb. Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video 6

Silahkan tunggu beberapa saat dan biarkan aplikasi Handbrake mengkompres ukuran file video anda. Jika memang video anda ukuran nya besar, maka akan memakan waktu yang cukup lama.

Cara Memperkecil / Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video
Gb. Cara Kompres Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video 7

Dan jika proses kompres sudah selesai, silahkan cek folder yang sudah anda tentukan tadi dan lihatlah ukuran videonya.

Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini, kurang lebihnya mohon maaf, jika kalian masih belum paham silahkan tanyakan di kolom komentar, secepatnya akan saya jawab. Terimakasih


EmoticonEmoticon