Sabtu, 12 Agustus 2017

Cara Mengatasi Komputer Lemot dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Komputer / Laptop Yang Lelet ?


Sebelum mengatasi komputer lemot tentu kita harus mengetahui penyebab komputer lemot, laptop lemot banget, kenapa komputer lemot ? barulah kita cara mengatasi komputer lemot dan cara agar komputer tidak lemot. Setelah mengetahui penyebabnya mari kita cari solusi komputer lemot dan cara agar komputer tidak lemot.

Permasalahan mengenai komputer lemot ini sudah banyak sekali dijumpai oleh para pengguna komputer atau laptop. Tentu saja hal ini sangat merugikan para penggunanya. Berkali kali ia harus mematikan komputer secara paksa jika terjadi hang atau lag.

Pekerjaan akan lama terselesaikan jika kita memiliki komputer yang lemot. Lantas apa sih sebab komputer menjadi lemot ? Baiklah silahkan simak ulasan dibawah ini mengenai penyebab dan cara mengatasi komputer/laptop lemot.

Penyebab Komputer Lemot Dan Cara Mengatasinya


1. Terlalu Banyak Program Yang di Instal di PC


Hmm, banyak sekali pengguna komputer atau laptop tidak memperhatikan hal ini. Mereka hanya selalu mengintal software atau aplikasi yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Tapi untuk sekarang setelah anda membaca artikel ini, saya harapkan anda selalu memperhatikan poin ini. Nah jika komputer atau laptop anda memang terasa lemot, anda bisa mengecek poin ini di Control Panel.

Caranya silahkan klik logo Windows yang ada di pojok kiri bawah desktop anda, pada tab sebelah kanan anda akan menemukan tulisan Control Panel Silahkan klik. Selanjutnya silahkan lita menu Programs dibawahnya ada tulisan Uninstall a Program



Cara Mengatasi Komputer / Laptop Lemot dan Penyebabnya
Gb. Mengatasi Komputer Lemot .1


Silahkan uninstall software yang menurut anda tidak penting atau tidak digunakan. Namun perlu diingat, jika kalian belum mengerti tentang komputer, sebaiknya anda mengajak teman anda yang mengerti komputer untuk menguninstall software yang tidak terpakai tersebut.


Jangan sampai anda salah meng-uninstall aplikasi sehingga anda harus memformat atau inul (instal ulang) OS windows anda.

2. Spesifikasi Komputer Anda Rendah


Permasalahan yang kedua adalah, anda bisanya tidak memperhatikan spek komputer anda dan spek minimum pada software yang ingin anda install.

Nah, untuk mengatasi hal ini, sebelum anda melakukan pengintalan atau download software / aplikasi, sebaiknya anda lihat dulu spek komputer / laptop anda dan juga minimum spek yang dibutuhkan aplikasi yang ingin anda instal.

Cara Mengatasi Komputer Lemot dan Penyebabnya
Gb. Mengatasi komputer Lemot .2

Caranya silahkan menuju Computer di menubar yang diatas anda akan menjumpai menu System Properties silahkan klik menu tersebut maka anda akan melihat spesifikasi komputer anda.

3. Kerusakan Pada Hardware


Poin ketiga ini memang agak jarang menjadi penyebab komputer lemot. Namun tidak bisa dipungkiri jika salah satu komponen harware anda mengalami kerusakan akan menyebabkan komputer lemot.

Biasanya terjadi pada hardisk, jika kalian menjumpai masalah ini, solusinya adalah membeli hardisk baru.

4. Besarnya File .temp


File .temp ini berasala dari cache internet. Jika kalian sedang browsing di internet atau membuka internet. Maka file file yang anda dapatkan dari internet itu akan masuk kedalah komputer anda. Dan jika file ini sudah sangat banyak dan besar maka akan membuat kompuer atau laptop anda lelet.

Solusi untuk masalah ini tentunya adalah dengan membersihkan nya, tapi bagaimana membersihkan file sebanyak itu ?

Silahkan gunakan software CCleaner silahkan download disini http://www.piriform.com/ccleaner/download/standard , atau anda bisa mencari software ini di mbah google.

Selanjutnya silahkan install software CCleaner tersebut, setelah terinsal jangan lupa untuk membuka nya, lalu silahkan klik analyze, tunggu sampai proses selesai. Selanjutnya, untuk membersihkan file .temp tadi, silahkan klik tombol run cleaner.

5. Adanya Virus Pada Komputer


Yups, virus memang sudah sering masuk kedalam komputer kita, baik itu yang berasal dari internet ataupun disk yang dimasukan ko komputer atau laptop kita seperti flasdish, hardisk eksternal, dll.

Virus ini bisa jadi menjadi permasalah komputer anda menjadi lemot dan lelet bahkan hang. Solusi untuk mengatasi hal ini tentunya adalah mengahapus dan menghilahkan virus tersebut.

Cara nya sudah saya jelaskan pada aritikel sebelumnya Cara Menghilahkan Virus Pada Komputer dan Laptop.
Baca Juga : Cara Mencegah dan Menghindari Virus di Komputer / Laptop
 Baiklah itu saja sedikit ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi komputer dan laptop yang lemot, semoga artikel ini bisa membantu. Jika kalian masih memiliki pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar, secepatnya akan saya balas. Terimakasih


EmoticonEmoticon