Jumat, 25 Agustus 2017

Cara Mengoperasikan Komputer Dengan Baik Dan Benar

Cara mengoperasikan komputer sebenarnya sangat mudah, dan didalam artikel ini juga saya akan membahas tentang langkah langkah mengopersaikan komputer dengan lengkap.

Komputer dan juga Laptop adalah salah satu teknologi terkini yang hampir sudah kalah saing pengguna nya dengan smartphone. Namun, tentu saja masih sangat banyak yang memakai fasilitas ini, karena biasanya komputer ataupun laptop ini digunakan untuk pekerjaan kantor yang memang tidak bisa menggunakan smartphone.

Cara Mengoperasikan Komputer Dengan Baik Dan Benar
Gb. Simulasi Belajar Komputer

Nah, jika kalian adalah seorang pemula dan ingin belajar komputer, disini saya akan menjelaskan beberapa sedikit informasi tentang bagaimana sih cara menggunakan komputer yang baik ? Nah, pertama tama kalian harus tahu dan juga bisa cara menyalakan atau turn on komputer anda.

Setelah itu, apa keperluan kalian menggunakan komputer ? Menulis data, Desain Gambar, Editor Foto, Bermain Game ? atau yang lain nya ? nah di dalam artikel ini saya akan membahas tentang itu semua.

Cara Menyalakan ( Turn On ) Komputer Yang Benar


Oke, pertama kita harus menyalakan komputer atau laptop kita terlebih dahulu untuk memulai nya. untuk menyalakan komputer, kalian hanya perlu menekan tombol turn on/off yang biasanya ada di depan CPU anda. Jika kalian menggunakan laptop biasanya ada dibagian atas keyboard atau di sisi kiri laptop anda, ini tergantung laptop yang anda gunakan.

Setelah menekan tombol power tersebut, tunggu beberapa saat hingga komputer / laptop anda menyala dengan sempurna.

Namun perlu diingat, sebelum anda menekan tombol tersebut, pastikan kabel kabel sudah terhubung, seperti kabel power, mouse, keyboard, speaker, VGA, dll.

Cara Mengoperasikan Komputer Yang Baik dan Benar


Dan setelah komputer anda menyala dengan sempurna, maka silahkan ikuti langkah selanjutnya. Seperti yang saya jelaskan diatas tadi, anda menggunakan komputer itu dengan tujuan apa ?

Jika kalian mengguakan komputer hanya untuk mengetik, menulis sesuatu, dan ataupun menyusun data seperti akuntansi, anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Exel, Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, dan aplikasi microsoft lain nya.

Dan jika kalian berkeinginan untuk mengedit suatu gambar, anda bisa menggunakan Photoshop, saya akui aplikasi ini memang sangat sulit dipahami untuk pemula. Maka dari itu sebaiknya anda lebih mempelajari aplikasi ini lebih banyak lagi. Walaupun sulit dipahami, dalam aplikasi ini banyak sekali fitur fitur yang sangat bagus yang bisa membuat anda leluasa untuk mengedit suatu gambar / foto.

Cara Mengoperasikan Komputer Dengan Baik Dan Benar
Gb. Adobe Photoshop

Nah, untuk yang ketiga, jika kalian berkeinginan untuk membuat desain gambar yang sangat bagus bahkan 3D anda bisa menggunakan aplikasi Corel Draw 3D, Adobe Photoshop, dan lain sebagainya. Namun perlu anda ketahui, aplikasi aplikasi editor seperti ini biasanya sangat berat untuk dijalankan di komputer, jadi pastikan komputer anda memiliki spek yang tinggi seperti RAM min 4GB, VGA, Prossesor i3, dan lain sebagainya, biasanya anda anda melihat spek minimal aplikasi tersebut saat anda ingin mendownload nya.

Cara Mengoperasikan Komputer Dengan Baik Dan Benar
Gb. Corel Draw 3D

Yang terakhir, jika kalian berminat untuk membuat script program, anda bisa menggunakan aplikasi aplikasi seperti C++, Visual Basic, C#, CSS, Java, dll. Dan seperti yang saya sebutkan pada paragraf sebelumnya, aplikasi aplikasi seperti ini membutuhkan spek komputer yang tinggi.

Cara Mematikan (Shutdown) Komputer / Laptop Dengan Benar


Cara mematikan komputer atau shutdown yang benar itu memang sangat penting, dan pada artike sebelumnya saya juga sudah membahas tentang cara mematikan komputer dengan baik dan benar yang di dalam nya terdapat beberapa cara untuk mematikan komputer, seperti melalui keyboard, cmd, dan lain sebagainya.

Namun tenang saja, saya akan menjelaskan kembali pada artikel ini, namun hanya untuk satu cara saja.Nah, sebelum mematikan komputer anda silahkan tutup atau close semua aplikasi aplikasi yang masih berjalan. Dengan cara menekan tombol X yang ada pada pojok kanan atas di aplikasi tersebut.

Setelah anda rasa semua aplikasi tersebut sudah tertutup, silahkan ikuti cara cara dibawah ini.

1. Tekan tombol windows yang ada pada keyboard anda atau klik logo windows yang ada di pojok kiri bawah komputer anda. Maka akan muncul tampilan seperti ini.

2. Silahkan klik shutdown, dan jika disitu hanya terlihat tulisan atau tombol restart, silahkan klik tombol panah yang ada di tombol restart tadi dan silahkan klik shutdown.

3. Tunggu beberapa saat dan komputer anda akan mati dengan sendirinya.

Note : Jika anda menggunakan OS Windows 8 / 10, silhakan baca pada artikel saya sebelumnya tentang cara mematikan komputer.

Oke, dengan anda mengikuti 3 prosedur diatas, saya rasa anda sudah menggunakan komputer anda dengan baik dan benar.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan kali ini, kurang lebihnya mohon maaf, jika kalian masih belum faham dan ingin bertanya, silahkan tanyakan di kolom komentar, terimakasih.

1 komentar so far

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon