Senin, 24 Juli 2017

Cara Mencegah dan Menghindari Virus Pada Laptop dan Komputer PC

Bagaimana Cara Menghindari dan Mencegah agar Virus Tidak Datang (Masuk) ke Komputer PC atau Laptop Kita ?


Pada artikel yang akan saya bahas kali ini, saya akan membahas tentang virus komputer. Lebih tepatnya tutorial untuk mencegah dan menghindari adanya virus di komputer atau laptop yang kita miliki.

Perlu diketahui, virus komputer dan laptop ini banyak sekali jenisnya dan juga bisa datang darimana saja. Bisa dari sambungan internet, bisa dari flashdisk, atau perangkat lain nya yang bisa terhubung kepada komputer / laptop anda. Maka dari itu, kalian harus selalu waspada terhadap semua virus yang ada.

Apalagi jika kalian memang menggunakan komputer atau laptop itu untuk keperluan bisnis, kuliah, sekolah, dll yang sekiranya penting untuk kehidupan sehari hari. Jika komputer anda hanya dibuat untuk bermain game ataupun melakukan aktivitas aktivitas yang tidak mengancam hidup anda sih tidak masalah hehe.

Cara Mencegah dan Menghindari Virus Pada Laptop dan Komputer PC
Gb. Mencegah Virus Pada Komputer dan Laptop

Virus ini adalah file jahat yang dapat menggangu kinerja komputer atau laptop, biasanya jika komputer kalian sudah terinfeksi dengan virus akan terasa lambat untuk loading, terkadang terestart sendiri, adanya file file yang hilang atau terhiden, atau bahkan virus ini dapat menghapus OS (operation sistem) komputer atau laptop anda yang mengharuskan anda untuk menginstal ulang komputer atau laptop yang anda miliki.

Namun tidak perlu khawatir, jika komputer anda memang sudah memiliki ciri ciri yang saya sebutkan diatas, anda bisa menghilangkan dan menghapus virus di laptop atau komputer anda dengan cara yang cukup mudah.

Tapi alangkah baiknya jika kalian sudah melakukan pencegahan untuk masalah ini. Karena seperti pepatah yang banyak sekali di ucapkan "mencegah lebih baik daripada mengobati" hehe. Baiklah langsung saja baca ulasan dibawah ini untuk mencegah munculnya virus pada komputer atau laptop.

Mencegah Munculnya Virus Pada Komputer PC atau Laptop


Baiklah, selanjutnya akan saya ulas dibawah ini bagaimana sih cara menghindari timbulnya virus ke komputer atau laptop kesanyangan kita ?
 
Cara Mencegah dan Menghindari Virus Pada Laptop dan Komputer PC
Gb. Mencegah Virus Pada Komputer dan Laptop

1. Selalu gunakan antivirus yang kompatibel dan benefit, dan jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus yang kalian gunakan.

2. Jika komputer anda selalu terhubung ke internet, sebaiknya anda menggunakan antivirus yang tersedia fitur Internet Security

3. Gunakan juga alat pembersihan file file tidak berguna, seperti Ccleaner, dll

4. Jangan menyimpan suatu file pada disk C terlalu lama,

5. Jika ingin memindahkan suatu data dengan menggunakan perangkat keras seperti Flashdisk dan Hardisk eksternal, pastikan perangkat tersebut bersih dari virus virus berbahaya. Atau anda juga bisa menggunakan antivirus Smadav untuk menghapus virus yang ada di flashdisk.

6. Selalu aktifkan Firewall pada windows yang anda gunakan,

7. Jika ada file yang mencurigakan (anda tidak membuat atau mengenali file tersebut) di laptop atau komputer anda, segeralah hapus file tersebut.

8. Kompres semua file penting dalam bentuk Rar atau Zip untuk mencegah masuknya virus.

9. Gunakan beberapa antivirus yang dapat saling mendukung.

Cara Mencegah dan Menghindari Virus Pada Laptop dan Komputer PC
Gb. Mencegah Virus Pada Komputer dan Laptop

Nah itu adalah beberapa tips pencegahan untuk munculnya virus pada komputer anda. Anda juga bisa menggunakan sebuah software deepfrezz untuk menghindari munculnya virus. Nah bagaimana cara kerja deep frezz ini ? Software deep freez ini akan mengembalikan pengaturan awal komputer anda dimulai saat anda mengaktifkan software ini setiap kali anda melakukan turn off atau restart komputer anda.

Dengan begitu, jika komputer atau laptop anda memang terinfeksi virus, maka virus tersebut akan hilang seperti sedia kala saat komputer anda belum terkena virus. Namun perlu di ingat, jika kalian menggunakan software ini, pastikan untuk mematikan software ini terlebih dahulu jika kalian ingin menambahkan atau memindahkan sebuah file baru.

Baiklah, demikian artikel tentang cara mencegah masuknya virus ke laptop atau komputer yang dapat saya bahas kali ini, kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar besarnya. Jika kalian masih memiliki pertanyaan atau ada pembahasan yang kurang dimengerti, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar. Terimakasih


EmoticonEmoticon