Sabtu, 15 Juli 2017

Cara Mengembalikan File Yang Hilang / Terhapus di Flashdisk

Bagaimana Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Flashdisk ?


Seperti yang tertulis pada judul artikel ini, bagaimana sih cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk ? bagaimana sih cara mengatasi file corrupt di flashdisk ? bagaimana sih cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca ? dan masalah flashdik lain nya.

Nah, jika kalian memang mengalami hal tersebut, bisa jadi karena flashdisk anda yang jelek (kw) ataupun terdapat sebuah virus dalam flashdisk tersebut.

Saya juga pernah mengalami kejadian ini, saya memiliki flashdisk dengan kapasitas 8 GB. Suatu ketika saya meminta beberapa film kepada teman saya, dan bahkan saya sendiri yang mengcopy dari laptop dia.

Namun, saat saya buka flashdisk tersbut di komputer saya, ternyata semua file film tadi hilang. Dan setelah saya cek, memang flashdisk nya yang jelek dan semua file nya juga ke corrupt.

Maka dari itu, saya sarankan untuk kalian yang baru saja ingin membeli flashdisk, pastikan flashdisk yang anda beli itu bukan murahan. Karena sekarang ini banyak sekali flahsdisk flashdisk yang kw sehingga memiliki harga yang sangat murah.

Tapi, jika memang kalian yakin bahwa flashdisk yang anda miliki itu bukanlah flashdisk murahan, bisa jadi file tersebut tersembuyi / ter hiden. atau juga bisa karena virus.

Untuk mengatasi hal tersebut diatas itu sangatlah mudah. Didalam cara ini kita akan menggunakan CMD / Command Prompt untuk mengecek file yang hilang.

Mengetahui Masalah Pada Flashdisk


Sebelum ke inti sari dari sesuatu yang akan kita bahas nanti, kalian harus mengetahui masalah yang ada pada flashdisk anda terlebih dahulu,

Cek keberadaan virus pada flashdisk


Pertama kita cek terlebih dahulu, apakah flashdisk yang kita gunakan ini ada virusnya atau tidak, silahkan klik kanan pada disk flashdisk, lalu klik scan with "antivirus yang ada pada komputer / laptop anda" saya sarankan sih kalian menggunakan antivirus Smadav kalo untuk scan flashdisk.

Nah, jika memang didalam flashdisk anda tidak terdapat virus, silahkan lakukan cara lain dibawah ini.

Cek Flashdisk, Apakah File Terhapus Karena Virus atau Bukan ?


Selanjutnya kita akan cek, apakah file yang hilang tadi di sebabkan oleh virus atau bukan. Kalian bisa masuk kedalam disk flashdisk anda. Jika memang di dalam flashdisk anda tidak ada apa apa, silahkan kembali ke menu komputer. Lalu klik kanan pada disk flashdisk dan klik Properties, nah jika kalian melihat used space nya adalah 0, maka bisa dipastika file tersebut adalah karena virus.

Namun, jika kalian melihat used space tidaklah 0, itu sudah dipastikan file tersebut ter hiden atau tersembunyi, kalian bisa  menuju cara berikutnya.

Cara Mengembalikan File Yang Hilang Dengan Membuka Hidden Folder


Jika memang file kalian hilang karena terhiden, kalian bisa mengatasi masalah ini dengan sangat mudah, kalian bisa membuka menu organize yang ada pada computer lalu klik Folder and search option maka akan muncul sebuah tab baru.

Cara Mengembalikan File Yang Hilang / Terhapus di Flashdisk
Gb. Cara Mengembalikan File Yang Hilang Pada Flashdisk Melalui Hidden File

Silahkan masuk ke menu view dan di folder Hiden files and folders silahkan ubah yang semula nya adalah don't show hidden files, folder, or drivers menjadi Show hiden files, folder, and drivers lalu klik ok.

Cara Mengembalikan File Yang Hilang / Terhapus di Flashdisk
Gb. Cara Mengembalikan File Yang Hilang Pada Flashdisk Melalui Hidden File 2

Maka semua file yang terhiden di komputer anda akan terlihat. Termasuk, file yang hilang di flashdisk tadi. Namun, jika cara ini masih belum ampuh untuk mengembalikan file yang hilang dari flashdisk anda, silahkan ikuti cara dibawah ini.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Flashdisk Menggunakan CMD


Selanjutnya kita akan menggunakan cara terakhir kita. Semoga dengan menggunakan cara ini, masalah kalian dapat teratasi.

Baiklah, silahkan buka cmd anda terlebih dahulu, bagaimana cara membuka cmd pada komputer / laptop ? silahkan baca artikel saya sebelumnya, karena sudah saya jelaskan disitu.

Oke, langkah selanjutnya adalah, ketik CD.. lalu tekan enter, hal ini ditujukan untuk mengalihkan penggunaan cmd itu ke administrator.

Selanjutnya, pastikan flashdisk anda berapa pada local disk yang mana, contoh flashdisk anda berada pada local disk F maka ketikan F: pada kolom cmd tadi dan tekan enter. 

Selanjutnya silahkan ketik attrib *.* -S -H -R /S /D kedalam cmd tadi dan tekan enter.

Cara Mengembalikan File Yang Hilang / Terhapus di Flashdisk melalui CMD
Gb. Cara Mengembalikan File Yang Hilang / Terhapus di Flashdisk melalui CMD

Nah dengan begitu, file yang sebelumnya telah terhiden / terhapus akan muncul kembali.

oiya jika kalian bertanya tanya, loh kok itu warna font dan warna backgroud di CMD nya bisa berubah warna ? silahkan baca cara mengubah warna background dan tulisan di CMD.

Oke mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, dan jika kalian masih bingung dan memiliki pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar, secepatnya pertanyaan anda akan saya balas. Terimakasih


EmoticonEmoticon