Senin, 26 Juni 2017

Cara Mengambil Screenshot di Komputer Tanpa Aplikasi

Banyak sekali orang yang belum mengetahui cara screenshot di komputer, sebenarnya cara ini sama seperti cara screenshot di laptop.

Semua pengguna android pasti mengetahui cara screenshot pada smartphone tersebut, namun tidak semua pengguna komputer / laptop yang mengetahui bagaimana cara screenshot pada layar monitor komputer.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk screenshot pada laptop / komputer. Namun disini saya akan menggunakan aplikasi bawaan saja.

Karena apa ? Karena biasanya aplikasi bawaan ini lebih enteng dan tidak menguras kapasitas ram. Dibanding dengan aplikasi luaran yang di dalam nya biasanya terdapat iklan dengan tujuan si developer aplikasi tersebut memperoleh keuntungan dari aplikasi yang telah ia buat.

Namun kenyataan nya, iklan iklan itu biasanya malah membuat aplikasi itu menjadi berat.

Nah didalam cara ini kita hanya menggunakan tombol yang ada di keyboar saja. Baiklah langsung saja ikuti cara cara berikut ini.

Cara Screenshot di Komputer Dengan Print Screen SysRq


Yang perlu anda lakukan pada cara yang pertama ini adalah, anda menuju halaman yang ingin anda ambil gambar (screenshot) lalu tekan tombol "Print Screen SysRq" yang ada di keyboard. Biasanya ada di ujung kanan atas pada keyboard anda.

Lalu anda buka Paint dan tekan tombol "CTRL+V" maka gambar yang anda ambil akan terlihat di paint tersebut. Langkah selanjutnya adalah menyimpan gambar tersebut dengan menekan tombol "CTRL+S".

Jika anda sudah melakukan semuanya, maka gambar tangkapan layar (screenshot) pada komputer / laptop anda sudah berhasil.

Cara Screenshot di Komputer Dengan Snipping Tool


Cara yang kedua ini kita membutuhkan aplikasi. Tapi seperti yang saya bilang diatas, kita akan menggunakan aplikasi bawaan komputer  / laptop saja dalam artian anda tidak perlu mendownload aplikasi lagi dari luar. Aplikasi ini bernama Snipping Tool.

Baiklah, langkah pertama adalah mencari aplikasi snipping tool di menu bar. Ketikan keyword Snipping Tool pada kolom pencarian.
Cara Mengambil Screenshot di Komputer Tanpa Aplikasi
Gb. Screenshot Komputer / Laptop 1

Setalah muncul maka anda klik New, selanjutnya anda geser kursor anda ke wilayan yang ingin anda tangkap layar (screenshot). Setelah layar tertangkap, maka langkah terakhir adalah simpan gambar tadi dengan menekan tombol "CTRL+S".

Cara Mengambil Screenshot di Komputer Tanpa Aplikasi
Gb. Screenshot Komputer / Laptop 2

Dan akhirnya anda sudah berhasil mengambil tangkapan layar dengan menggunakan aplikasi bawaan komputer / laptop anda.

Nah demikianlah tutorial cara mengambil gambar (screenshot) di komputer dan laptop. Cara tersebut adalah cara yang paling mudah, jadi saya berharap kalian semua sudah mengusai cara ini.

Jika kalian masih memiliki pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar, saya akan membalas pertanyaan anda secepatnya. Terimakasih


EmoticonEmoticon